Kamis, 05 April 2012

Tips agar Jins Tak Cepat Rusak


Coba perhatikan, ada yang salah nggak dengan jins kesayangan kamu itu. Apakah warnanya udah memudar en di beberapa bagian kainnya udah mulai terkoyak? Duh, padahal pakaian berbahan denim ini jadi salah satu favoritmu karena nyaman dipakai. Yuk simak tips agar jins gak cepet rusak

 
Nah, kalau menurut Carl Chiara, Director of Brand Concepts di Levi Strauss & Co, jins kesayangan kamu itu cepat rusak karena kesalahan perawatan. Makanya biar awet en bisa dipakai untuk eksis, ada tips sederhana nih buat kamu.

Pertama, hindari mesin cuci karena bahan jins lebih aman dicuci manual alias menggunakan tangan.

Kedua, tidak perlu menggilas dan memeras ketika mencuci jins kesayangan kamu itu. Kenapa? Karena ini menjadi penyebab memudarnya warna. Makanya setelah direndam kira-kira selama 20 menit, gantung jins di tempat teduh dan biarkan airnya menetes hingga kering. Ini juga bisa mencegah jins menjadi berkerut, menyusut, dan memelihara bentuk aslinya sebelum dicuci. Lalu, gantung jins dalam lemari tanpa melipatnya.
Tapi, jangan lupa membalik jins sehingga bagian dalamnya berada di luar atau menambahkan sedikit cuka ketika mencuci untuk  melindung warna.

Ketiga, jika mendapati lubang atau robekan tipis pada jins kamu, segera atasi dengan menisiknya atau menambalnya dari dalam bahan jins.

Keempat, nggak perlu terlalu sering mencuci jins kamu yang emang nggak kotor-kotor banget. Ingat sejarahnya, kalau dulu jins dibikin dari  bahan khusus yang dipakai para pekerja tambang dan mereka mencucinya sebulan sekali, hehehe....

Kelima, pilih bahan jins yang berkualitas. Bahan jins bervariasi dari berbagai merek ini terkadang emang menyulitkan kita untuk memilih jins yang tahan lama en nggak cepat rusak. Nah, biasanya jins vintage lebih awet daripada jins buatan sekarang. Meski bahannya lebih tebal dan berat. Oh ya, jins dengan tepi ditenun juga menunjukkan bahan dengan kualitas yang baik. Mudah, kan? Coba deh dipraktikkan en tunggu hasilnya. Selamat mencoba!

Sumber : Suara Merdeka Cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar