Sabtu, 07 April 2012

Tips Berhemat


 Apa jadinya kalau duit untuk memenuhi kebutuhan kita sebulan udah habis padahal masih tengah bulan? Wah, bisa-bisa panik nggak ketulungan dan bingung cari bantuan. Kalau nasib lagi mujur, ada sahabat yang rela ngasih utangan bahkan traktiran. Lha kalau nggak?

Hm, jangan sampai kejadian itu menimpa kita ya, Teman! Kita harus punya siasat untuk mengatur duit kita. Gimana caranya? Kamu bisa praktikan beberapa langkah berikut ini.


Pertama
, bikin catatan pengeluaran dan pemasukan duit kamu selama sebulan. Catatan nggak perlu rapi banget. Asal ada kolom pemasukan dan pengeluaran aja sudah cukup. Intinya biar kamu bisa membandingkan apakah yang kamu lakukan besar pasak daripada tiang atau sebaliknya.

Selain itu, ''neraca'' yang kamu bikin juga bisa sebagai catatan pengeluaran. Bukankah biasanya kita sering lupa kemana saja larinya duit kok tiba-tiba lenyap? Kalau ada ''rekaman'' aktivitas belanja kan jadi enak mau memilih item apa yang harus distop karena nggak penting-penting amat.     


Kedua
, makanlah dengan teratur. Nah lho, kok rada nggak nyambung. Yups, makan teratur bikin kamu pikir-pikir ulang untuk jajan sembarang tempat dan waktu lho. Makan teratur juga salah satu cara menghindari penyakit. Nggak mau kan sakit gara-gara makan nggak teratur? Kalau sakit menyerang, pengeluaran makin mahal dong....

Ketiga
, tahan nafsu belanja. Hm, dalam rangka menghemat, dilarang keras belanja barang-barang yang nggak penting. Bolehlah berjalan-jalan ke mal sekadar window shoping. Kamu kudu bisa menahan hasrat belanja dari yang awalnya seminggu sekali jadi sebulan atau dua bulan sekali.

Nah, ini tips sederhana dan mudah dilakukan asal ada niat. Maka, mari berhemat biar nggak nelangsa di akhir bulan!


Sumber : Suara Merdeka Cetak 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar