Minggu, 04 Maret 2012

Tips Bicara PEDE di Depan Umum

Kamu mungkin juga punya masalah gugup kalau bicara di depan umum. Memang sih, bicara di depan umum itu nggak mudah, tapi bukan berarti kamu menyerah gitu aja kan? Berikut ada tips biar kamu pede bicara di depan umum.


1. Banyak Latihan
 Nggak ada yang nggak mungkin kalau kamu mau berusaha keras. Cobalah berlatih bicara di depan cermin. Dengan begitu, kamu bisa konsentrasi mengingat teks sambil menyesuaikan gerak tubuh. Kemudian, ikutlah dalam kegiatan organisasi di sekolah. Selain menambah kenalan, ikut organisasi bisa membuatmu belajar diskusi di forum. Nah, kalau sudah sering diskusi di forum, lama-kelamaan kamu akan terbiasa bicara di depan umum.


2. Hadapi dengan Berani

Meski grogi, jika bicara di depan umum itu menjadi kewajibanmu, maka hadapilah. Anggap saja penonton sebagai teman-teman dekatmu, jadi rasa gugup akan berkurang. Jangan menunduk ya, itu hanya akan makin menciutkan nyalimu. Tatap mata mereka dengan berani, sebab kontak mata bisa menghilangkan rasa gugupmu. Oh ya, tetap konsentrasi penuh agar apa yang akan kamu sampaikan tak kelupaan.


3. Tenang

Biasanya, hal paling menakutkan saat tampil di depan umum itu karena takut salah atau ditertawakan. Itu yang membuat tubuhmu gemetar, suaramu pelan dan kamu lupa apa yang ingin disampaikan. Cara mengatasinya, berpikirlah positif, usahakan untuk tenang. Bila perlu, lakukan aktivitas fisik ringan seperti mengepalkan tangan atau aktivitas kecil lain untuk mengalihkan rasa gugup yang menyerang.


4. Perhatikan Penampilan

Ini faktor penting yang sering dianggap remeh. Padahal, penampilan menunjang kepercayaan dirimu saat di depan umum. Maka, persiapkanlah penampilanmu sebaik mungkin. Pakailah busana yang nyaman dan sesuai dengan kondisi acara. Jangan sampai salah kostum, nyalimu bisa makin ciut nih.


5. Kuasai Materi

Tak ingin gugup saat bicara di depan umum? Kuncinya, kamu harus menguasai materi yang akan kamu sampaikan. Semakin kamu menguasai materi, maka semakin pede kamu bicara di depan umum. Sebaliknya, jika kamu tak menguasai materi, bisa-bisa kamu terdiam karena tak tahu mau bicara apa.


6. Evaluasi
Saat tampil di depan umum, mintalah pada temanmu untuk merekam aksimu itu. Mengapa? Selain jadi dokumentasi, rekaman itu bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi apa kekuranganmu saat bicara di depan panggung. Berusahalah memperbaiki kekuranganmu, agar lain waktu penampilanmu bisa lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar