Kamis, 03 Mei 2012

Tips Pilih Jurusan Kuliah


Bagi yang duduk di kelas XII SMA, usai ujian nasional masih ada satu ujian lagi yang harus ditempuh. Itu artinya, persiapan masih terus diperlukan. Ujian yang dimaksud adalah ujian masuk perguruan tinggi. Tetapi, sebelum itu, ada satu langkah lagi yang perlu dilakukan. Yakni memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi. Bagi sebagian remaja lulusan SMA memilih jurusan di perguruan tinggi bisa jadi bukan perkara mudah. Galau dan bingung sering menghinggapi. Nah, kalau kamu termasuk salah satu dari sekian remaja yang masih bingung mau memilih jurusan apa, tips berikut ini boleh dicoba dan dijalankan. 


 



1. Pilih jurusan sesuai minat
Melakukan sesuatu yang kamu sukai tentu akan sangat menyenangkan. Jadi, sebaiknya pilih jurusan sesuai dengan minatmu. Misalnya, kalau di sekolah kamu suka mata pelajaran eksakta, pilihlah jurusan itu di perguruan tinggi. Jangan lupa, lho! Masa perkuliahan itu nggak sebentar, jadi akan lebih semangat kalau kamu menjalani apa yang kamu suka. Hidup jadi lebih santai dan nggak merasa terbebani.

2. Jadi dirimu sendiri
Hindari memilih jurusan cuma karena ikut-ikutan. Melihat orang lain sukses kuliah di jurusan yang dia pilih terkadang membuat kita jadi tergiur memilih jurusan yang sama. Tapi, yang mesti kamu ingat, nggak semua orang punya kemampuan yang sama. Belum tentu kamu betah di jurusan itu. Sayang, dong kalau nanti masa studimu putus di tengah jalan? Jadi, lebih baik jadi dirimu sendiri saja, ya.

3. Cari tahu kualitas perguruan tinggi
Sebagai bahan pertimbangan, cari tahu latar belakang jurusan di perguruan tinggi yang akan kamu pilih. Kemudian lihat juga bagaimana masa depan lulusan perguruan tinggi tersebut. Pasalnya, di masa depan dunia kerja, kualitas pendidikanmu juga diperhitungkan.

4. Sesuaikan dengan kemampuan ekonomi
Sebelum menetapkan pilihan jurusan dan universitas yang akan kamu tuju, pertimbangkan kondisi ekonomi keluargamu. Harap tahu, biaya perkuliahan itu nggak murah, belum lagi biaya kos, uang makan, dan lain-lain. Jadi lebih baik pilih jurusan yang terjangkau agar tidak ada kendala finansial di tengah waktu perkuliahan.

5. Cari beasiswa

Kalau mimpimu kuliah terkendala masalah finansial, jangan buru-buru putus asa. Carilah informasi lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah. Banyak kok, program beasiswa yang ditawarkan perguruan tinggi. Tentu ada syarat yang harus dipenuhi. Tetapi kalau kamu mau berusaha, pasti ada jalan.
Nah, sudah punya gambaran mau ambil Jurusan apa? Yuk mulai belajar persiapan SNMPTN dari sekarang. 

Sumber : Suara Merdeka Cetak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar